Blog

Latest News
Open Space Membuat Karyawan Lebih Produktif

Open Space Membuat Karyawan Lebih Produktif

Tren area kantor tak bersekat kini semakin meluas. Sejumlah kantor kini mengaplikasikan open plan office atau ruang bekerja terbuka yang diadopsi dari tata letak coworking space. Konsep open plan office ini dirasa membuat hubungan antar staf atau karyawan menjadi lebih dekat sehingga kolaborasi makin meningkat.

Tata letak ruang kerja terbuka punya sejumlah kelebihan, yang utama adalah efisiensi ruangan.  Dari sisi investasi juga lebih rendah dibandingkan dengan membangun kubikal atau ruang-ruang untuk area bekerja karyawan. Bagi perusahaan baru atau startup, investasi kantor cenderung ditekan serendah mungkin karena pada umumnya mereka lebih banyak bekerja menggunakan komputer atau laptop.

Penataan ruang kerja ala open plan office terbilang simpel dan praktis. Cukup menyediakan satu atau beberapa unit meja (sesuai kebutuhan) yang menghampar di sebuah ruangan. Satu meja bisa dipakai untuk empat, enam atau delapan orang atau bahkan lebih tergantung kebutuhan dan luas ruangan yang ada.

Aksesori tambahan cukup beberapa colokan kabel power sesuai kebutuhan dan wifi hotspot. Selebihnya adalah penataan interior yang bisa dikerjakan secara mandiri atau menggunakan jasa desainer interior. Mulai dari penataan meja dan kursi, penambahan rak-rak, penataan lampu dan sebagainya. Kadang warna tertentu yang menjadi bagian dari identitas perusahaan diaplikasikan pada desain interior kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *